Membuat Objek 3D dengan Blender


Membuat Objek Perangkat Keras Komputer

Dalam akuntansi, program pengolah angka melalui komputer sangat diperlukan. Aplikasi spreadsheet bisa digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Pada awal tutorial ini kita akan membuat perangkat keras komputer, dimana kita akan mempelajari GUI dari Blender, bagaimana membuat model 3d sederhana (gambar referensi, extrude, dan loopcut), melakukan skinning dan pemberian material pada obyek 3d, dan pengaturan cahaya (lighting). Berikut tahapan membuat objek perangkat keras komputer:
1.     Buka software blender
Klik start → all program → blender foundation → blender → blender
Atau dengan cara klik 2 kali shortcut blender di desktop


2.     Klik di sembarang tempat

Keterangan :
a)      Main header: menu utama blender yang terdiri dari file, add, render, dan help.
b)      Viewport: tampilan dari obyek 3d atau obyek lainnya.
c)   Toolbar (T): berisi dari daftar tool yang bersifat dinamis berubah mengikuti konteks obyek.
d)      Timeline: frame animasi dan instruksi terkait atau untuk sequencer.
3.     Untuk membuat perangkat keras komputer, terlebih dahulu kita membuat objek meja.
-     Gunakan object cube. Objek ini biasanya sudah otomatis ada pada blender ketika kita membuka blender.
-          Lakukan perubahan skala sesuai sumbu x, y, z. Sehingga objek cube berbentuk balok.

4.     Ganti menjadi edit mode
Objek balok diubah dari object mode menjadi edit mode dengan cara:
-  Klik object mode pada viewport pilih menjadi edit mode
-  Atau tekan tab 1 kali pada keyboard

5.     Lakukan pemotongan garis dengan menekan tombol CTRL + R.
-          Dekatkan kursor mouse pada bagian yang di berikan potongan garis.
-        Secara otomatis muncul lingkaran garis berwarna ungu, selanjutnya Anda dapat menekan double klik kiri pada mouse apabila posisi garis tepat pada posisi yang diinginkan.
-          Lakukanlah LoopCut hingga seperti gambar berikut.

6.     Seleksi bagian permukaan objek dengan memilih fitur face.
-          Klik face pada viewport
-          Atau CTRL + Tab pilih face

7.     Lakukan Extrude.
-          Hadapkan objek kesamping, kemudian tekan E.
-          Sesuaikan panjang meja.

8.     Buat kaki meja.
- Lakukan pemotongan garis dengan menekan CTRL + R
- Pilih fitur face, kemudian seleksi pada bagian bawah meja untuk membuat kaki.
- Tekan E. Tarik sesuai panjang kaki meja yang lain.



9.     Buat tempat sandaran kaki.
-          Lakukan pemotongan garis dengan menekan CTRL + R.
-          Pilih fitur face, kemudian seleksi bagian tengah hasil LoopCut.
-          Tekan E, lalu tarik kesamping.



10.  Buat loker meja.
-          Lakukan pemotongan garis dengan tekan tombol CTRL + R.
-          Pilih fitur face, seleksi ketiga permukaan objek sesuai gambar berikut.
-          Arahkan objek tampak samping.
 Tekan tombol E. Kemudian extrude ke dalam.



11.  Ganti menjadi object mode. Kemudian aturlah letak posisi meja.


12.  Membuat objek kursi.
Pilih viewport Add → Mesh → Cube
-         
13. Pipihkan cube dengan melakukan perubahan skala sesuai sumbu x, y, z seperti gambar berikut.

14.  Buat kaki kursi.
-          Ubahlah view menjadi tampak bawah.
-          Ganti menjadi edit mode.
                                                                           
-          Lakukan pemotongan garis dengan menekan CTRL + R.

-          Pilih fitur face, kemudian seleksi ke empat permukaan sudut.

-     Ubahlah view seperti semula, lalu lakukan extrude dengan menekan tombol E sebanyak tiga kali.

15.  Buat sandaran kursi.
-    Seleksi kedua permukaan sudut. Lalu lakukan extrude dengan menekan tombol E pada keyboard sebanyak tiga kali, seperti gambar berikut.


-   Seleksi bagian samping permukaan, kemudian tekan E lalu tarik kesamping hingga membentuk sandaran.



16.  Seleksi kedua bagian seperti yang ditunjukkan gambar berikut, lalu tekan E dan tarik hingga membentuk sandaran samping kaki.

17.  Seleksi kedua bagian permukaan atas sandaran kursi, kemudian tekan S, lalu tarik ke dalam hingga mengecil.


18.  Kembali ke object mode. Atur posisi kursi berhadapan dengan meja.


19.  Membuat objek CPU dengan menambahkan cube.
Add → Mesh → Cube

20.  Lakukan perubahan skala pada cube, hingga membentuk balok seperti gambar berikut.

21.  Ubahlah object mode menjadi edit mode.

22.  Lakukan pemotongan garis dengan menekan CTRL + R. Buat hingga seperti gambar berikut.

23.  Lakukanlah extrude.
-          Pilih fitur face
-          Seleksi ke lima bagian permukaan objek.
-          Ubah view menjadi tampak samping. Kemudian tekan tombol E dan tarik keluar.

24.  Seleksi kedua permukaan seperti gambar berikut, kemudian tekan E dan tarik kedalam.




25.  Ubah menjadi object mode lalu letakkan CPU kedalam loker meja.
-          Tekan Tab maka secara otomatis objek akan berganti menjadi object mode.
-          Lakukanlah perubahan skala agar ukuran CPU sesuai dengan loker meja.

26.  Buat objek mouse dengan menambahkan objek UV Sphere.
Klik Add → Mesh → UV Sphere
27.  Lakukan perubahan skala objek tersebut sesuai sumbu x, y, dan z, sehingga akan terlihat bentuk mouse seperti ini.
28.  Aturlah letak mouse di atas objek meja.
29.  Tambahkan objek cylinder untuk membuat monitor.
Klik menu Add → Mesh → Cylinder



30.  Lakukanlah perubahan skala sesuai sumbu x, y, z, hingga menjadi bentuk oval.
31.  Lakukan proses pengeditan pada objek tersebut, dengan mengubah fitur ObjectMode→EditMode. Selanjutnya, seleksi bagian permukaan atas objek dan tekan tombol S lalu tarik kedalam.
32.  Buatlah penyangga layar monitor.
-          Klik menu Add → Mesh → Cube
-          Lakukan perubahan skala semua sumbu sehingga objek cube menjadi sedikit pipih dan memanjang vertikal.

33.  Lakukan Extrude dan Scale untuk membuat layar monitor.
-          Seleksi bagian permuakaan atas penyangga, lalu tekan E dan tarik keatas sedikit.
-          Tekan S kemudian tarik melebar.
-          Tekan E untuk melakukan extrude sebanyak tiga kali.
34.  Pipihkan layar monitor.
-          Seleksi bagian depan permukaan layar monitor, hadapkan viewnya kesamping. Kemudian tarik sumbu y kedalam.
-          Seleksi juga bagian belakang permukaan objek, lalu tarik kedalam sesuai sumbu y.
35.  Seleksi belakang permukaan objek bagian tengah, kemudian tekan E dan tarik keluar. Tekan tombol S lalu tarik kedalam.
36.  Pada bagian depan layar monitor, lakukan LoopCut dengan menekan CTRL + R.



37.  Seleksi bagian tengah permukaan layar monitor dengan memilih fitur face, kemudian extrude ke dalam dengan menekan tombol E.
38.  Ubahlah fitur EditMode menjadi ObjectMode atau tekan Tab.
39.  Atur posisi objek monitor diatas meja.
40.  Anda juga dapat menambahkan objek tembok.
-          Klik Add → Mesh → Cube
-          Lakukan perubahan skala untuk memperlebar cube, memipihkan cube, ataupun menambah tinggi ukuran cube sehingga membentuk tembok.
-          Aturlah posisi di samping objek perangkat keras.
-          Lakukan duplikasi tembok dengan menekan SHIFT + D kemudian rotate dengan menekan R + Z + 90
41.  Seleksi semua objek perangkat keras komputer kemudian klik fitur Smooth pada Shading.




42.  Berikan warna pada objek yang telah kita buat.
-          Klik kanan untuk menseleksi objek yang akan diberikan warna.
-          Pilih Material pada menu Properties.
-          Pilih New untuk membuat Material baru.
-          Ubahlah nama “Material.001” menjadi nama warna yang Anda inginkan. Misal “hitam”.
-          Selanjutnya Anda dapat memilih FieldBox berwarna putih pada Diffuse, lalu ubahlah warna putih tersebut menjadi warna yang Anda inginkan tadi. Secara otomatis objek akan langsung berubah menjadi warna tersebut.
43.  Tambahkan texture pada objek.
-          Seleksi objek yang akan diberi tekstur.
-          Pilih Material pada ikon properties → New.
-          Pilih Texture yang terletak di samping kanan Material → New.
-          Pada fitur image, klik Open.
-          Pilih gambar teksture di folder Anda menyimpan → OpenImage
-          Untuk melihat teksture, dapat dengan menekan tombol F12.
44.  Untuk dapat memberikan warna pada permukaan objek saja, ubahlah ObjectMode→EditMode. Lakukanlah seleksi pada permukaan objek dengan memilih fitur face. Kemudian pilih Material pada menu Properties, ubah Diffuse lalu pilih Assign.
45.  Setelah semua objek diberi warna, maka bisa di render dengan menekan tombol F12 lalu F3 untuk menyimpan file gambar.





      Rigging (Penulangan)

Rigging adalah prose penulangan (pemberian tulang) yang tersusun dari beberapa potong tulang (bone) yang saling berhubungan. Sama halnya dengan fungsi kerangka manusia, fungsi penulangan pada kerangka ini adalah sebagai alat gerak bagi objek yang akan dianimasikan.
1.      Untuk melakukan penulangan, terlebih dahulu dapat manambahkan tulang(Bone), dengan langkah memilih
Add→Armature→SingleBone.
2.      Ceklis X – Ray pada fitur Armature yang berada pada menu Properties.



3.      Ubahlah ukuran tulang tersebut dengan menekan tombol S.

4.      Lakukan  proses  pengeditan  tulang  dengan  mengubah  fitur  Object
Mode→Edit Mode.
Seleksi bagian tulang dengan menekan Klik Kanan pada mouse.



5.      Anda  dapat  melakukan  Extrude  pada  tulang  tersebut  untuk menambahkan bagian sesuai sumbu z, dengan menekan tombol E→Z pada keyboard.
6.      Ubahlah fitur menjadi ObjectMode.
7.      Seleksi objek monitor dan tulang, kemudian tekan CTRL+P.
Pilih With Automatic Weights.
8.      Ubahlah  fitur  menjadi PoseMode  untuk  dapat  mencoba menggerakan tulang tersebut.
9.      Untuk  melakukan  proses  menganimasikan  objek,  anda  dapat mengubah tampilan Default→Animation.
10.  Menganimasikan  dapat  menggunakan  Timeline,  sebagai  Instruksi terkait dengan frame animasi atau disebut juga sequencer. Sesuaikanlah frame dengan kebutuhan yang diperlukan, dalam kasus ini hanya menggunakan  frameStart: 1 I  End  : 100.
11.  Untuk menganimasikan objek memiliki beberapa tahap, yaitu:
-  Seleksi  objek  yang  ingin  dianimasikan  dengan  menekan  Klik Kanan.
-  Geser  garis  berwarna  hijau  pada  Timeline  sesuai  frame  yang dibutuhkan.
-  Selanjutnya anda dapat melakukan perpindahan lokasi, rotasi dan perubahan skala pada objek tersebut.
- Tekan tombol [ i ] untuk menampilakan  InsertKeyframeMenu, lalu anda  dapat  memilih  LocRotScale  untuk  merekam  hasil perpindahan  lokasi,  rotasi  dan  perubahan  skala  pada  objek tersebut.



12.  Ubahlah tampilan Animation menjadi Default.
13.  Pilih ikon Camera pada Properties. Pada menu Dimensions, ganti resolution menjadi 40%.

14.  Pada menu Output, klik ikon folder. Simpan di folder yang Anda inginkan.



15.  Ubah format file PNG→AVI JPEG
16.  Pada menu Render, klik Animation. Tunggu sampai proses Render selesai.



 Objek Perangkat Keras Komputer telah jadi.

PS: Aku lagi males masukin gambar gais. Nanti step-stepnya bakalan ditambahin gambar kok.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai Memperingati Bulan Bahasa